Beberapa Rekomendasi Situs Psikotes Online Untuk Kamu

Keberadaan tes psikologi saat ini sudah menjadi hal yang tidak asing lagi bagi masyarakat. Pasalnya, hasil tes psikologi biasanya dijadikan sebagai syarat seseorang melamar pekerjaan di perusahaan tertentu. Apalagi jika perusahaan yang Anda lamar adalah instansi pemerintah. Tentu saja tes psikologi diperlukan untuk mengetahui apakah Anda layak mendapatkan pekerjaan atau tidak.

Temukan psikotes online terbaik hanya di Golife.id

Namun, untuk beberapa perusahaan, tes psikologis mungkin menjadi bagian dari formalitas perusahaan dalam proses rekrutmen. Padahal, tes psikologi berperan penting dalam menentukan kepribadian calon karyawan atau pelamar kerja saat mendaftarkan diri. Apalagi keberadaan tes psikologi online kini semakin mudah diakses.

Lalu, seberapa pentingkah psikotes itu sendiri? Nah, untuk memahami manfaat psikotes, berikut penjelasan yang bisa dipahami.

Pengertian Psikotes

Psikotes merupakan salah satu tes psikologi yang sering digunakan sebagai salah satu syarat dalam proses rekrutmen pegawai baru. Selain itu, tes psikologi juga diterapkan ketika calon mahasiswa mendaftar di universitas atau kampus sebagai syarat masuk. Tes psikologi sendiri merupakan tes atau evaluasi tertulis, baik secara visual maupun verbal oleh seorang psikolog.

Tes psikologi dilakukan untuk menilai dan menentukan fungsi kognitif dan emosional seseorang. Oleh karena itu, tes psikologi memerlukan pemeriksaan ahli, terlatih secara klinis, dan tidak dapat dilakukan oleh siapa pun. Secara sederhana, fungsi tes psikologi adalah untuk mengetahui kepribadian, sifat, dan karakter seseorang yang dapat memberikan gambaran atau keterampilan dalam suatu bidang.

Hal ini dilakukan perusahaan dalam rangka memahami visi dan misi yang sama dengan perusahaan terkait. Meskipun tes psikologi mungkin tidak mengetahui karakter asli seseorang secara sempurna, namun tes tersebut bisa menjadi acuan untuk menilai kepribadian orang tersebut. Oleh karena itu, penggunaan psikotes sebagai bagian dari proses rekrutmen karyawan baru mutlak diperlukan.

Selain itu, proses psikotes saat ini didukung dengan kemudahan akses berbasis online yaitu psikotes online di beberapa situs. Jadi, sebelum Anda melakukan tes psikologi online, ada baiknya Anda memperhatikan dan mempersiapkan beberapa hal penting.

Persiapan Sebelum Psikotes

Proses psikotes dapat berjalan dengan lancar, jika Anda mempersiapkan beberapa hal sebelum mengambilnya. Ada beberapa tips atau cara yang bisa dilakukan sebelum mengikuti tes psikologi, tes psikologi online dan offline. Berikut penjelasannya:

1. Mempersiapkan Mental dan Fisik secara Baik

Hasil tes psikologi Anda sendiri adalah gambaran tentang siapa Anda sebenarnya. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan mental dan fisik agar proses psikotes berjalan lancar dan hasil yang didapat juga relevan. Artinya, Anda harus siap, konsentrasi penuh, fokus, dan tenang saat menjalani tes psikologi.

2. Mengetahui Secara Jelas Psikotes Itu Sendiri

Anda perlu mengetahui pengertian dari psikotes itu sendiri karena ada beberapa soal yang berbeda dengan soal-soal ujian pada umumnya. Jika Anda mengetahui arti atau tujuan dari tes psikologi, maka Anda dapat melakukan tes tersebut dengan lancar dan lancar.

3. Mengetahui Cara Menjawab Soal secara Baik

Soal tes psikologi biasanya memiliki kondisi atau jawaban tertentu. Biasanya akan ada informasi bagaimana melakukannya dengan baik. Pertanyaan-pertanyaan ini biasanya terkait dengan penentuan minat, bakat, hingga mengukur bakat. Oleh karena itu, jelas untuk mengetahui bagaimana menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.

4. Mempersiapkan Perangkat serta Internet yang Memiliki Sinyal Stabil

Nah, tips yang satu ini harus kamu persiapkan saat melakukan psikotes online di beberapa situs. Anda perlu mengatur perangkat Anda mulai dari laptop, PC, atau smartphone dengan daya tahan baterai. Selain itu, jaringan atau kuota internet yang Anda miliki juga harus diperhatikan.

5. Mengerjakan di Tempat yang Aman dan Nyaman

Saat mengikuti psikotes, dibutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi sehingga membutuhkan tempat yang tenang dan nyaman. Dengan begitu, Anda bisa melakukan tes psikologi online dengan lancar.

Beberapa Situs Penyedia Tes Psikologi Online

Nah, setelah memahami pengertian dan pengaturan terkait dengan tes psikologi, Anda bisa mulai mencari layanan yang menyediakan tes psikologi online. Ada banyak situs yang menawarkan layanan tes psikologi online gratis. Berikut beberapa rekomendasi situs tes psikologi online yang bisa Anda gunakan:

1. Proprofs.com

Salah satu situs tes psikologi online yang bisa Anda gunakan adalah proprofs.com dengan beberapa pilihan bahasa. Mulai dari bahasa Indonesia, Inggris, Mandarin, Jepang, dan lainnya. Anda hanya perlu mengunjungi situsnya, lalu pilih Quiz lalu pilih Practice Psychological Test untuk memulai.

2. Psikotesyuk.com

Anda juga bisa menggunakan situs tes psikologi online ini untuk melakukan tes psikologi. Anda diminta untuk membuat akun terlebih dahulu. Kemudian, mulailah dengan beberapa soal yang tersedia seperti tes akurasi, aritmatika dasar, verbal, hingga membuat spasi.

Setelah dipakai, Anda juga bisa langsung tahu hasilnya. Selain itu, situs ini juga menyediakan sejumlah modul pembelajaran yang dapat diunduh secara gratis.

3. Latihanpsikotes.com

Situs ini juga bisa menjadi pilihan saat melakukan tes psikologi secara online dengan mudah. Pada halaman tersebut akan terdapat contoh-contoh soal yang biasa digunakan dalam tes psikologi kerja. Situs ini juga didukung dengan fitur download soal dan tombol jawab yang bisa Anda pelajari. Bukan tidak mungkin situs ini menjadi pilihan banyak orang untuk tes psikologi online secara gratis.

4. Tipscv.com

Selain memberikan tips dunia kerja, situs tersebut juga menyediakan fitur psikotes online yang bisa Anda gunakan. Anda dapat menyelesaikan pertanyaan dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Jangan lupa download soal dan kunci jawaban yang bisa digunakan untuk bahan pembelajaran.

5. Ggkarir.com

Kemudian Anda bisa mengikuti tes psikologi secara online melalui situs ggkarir.com. Selain mencari lowongan kerja, situs ini juga menyediakan soal psikotes online tanpa harus login atau membuat akun.

Dapatkan soal tes psikologi gratis disitus Golife.id

Jadi, penjelasan tentang tes psikologi online ini bisa dipahami. Ada banyak pilihan situs tes psikologi online gratis dan bahan-bahan ini dapat diunduh untuk penelitian sebelum mengikuti tes psikologi lainnya. Selain itu, penjelasan tersebut juga membahas tentang pentingnya penggunaan psikotes selama proses rekrutmen.