Bahaya Fintech Ilegal

Banyaknya fintech ilegal yang menawarkan pinjaman dengan syarat sederhana dibandingkan fintech Indonesia legal membuat masyarakat mudah terjerat. Disamping itu, banyak masyarakat terjebak karena tuntutan kebutuhan, kurangnya edukasi serta syarat ketentuan yang kurang dibaca dengan jelas tentang fintech indonesia.

Bahaya Fintech Ilegal

Dibalik berbagai kemudahan yang diberikan, fintech ilegal memberikan dampak atau bahaya tertentu. Maka dari itu, jika anda benar-benar membutuhkan pinjaman modal untuk usaha, pastikan anda memilih fintech yang aman. Berikut ini beberapa bahaya fintech ilegal yang sebaiknya anda hindari:

  1. Teror pinjaman online

Tak jarang masyarakat diteror karena pinjaman online. Teror ini biasanya terjadi pada fintech ilegal. Pihak yang memberikan pinjaman online tersebut tidak diawasi OJK sehingga mereka menjerat masyarakat dengan bunga pinjaman yang tinggi. Apabila tidak melunasi kewajibannya, pihak peminjam akan melakukan intimidasi dan ancaman.

  1. Bahaya kerahasiaan data

Saat seseorang mengunggah aplikasi fintech ilegal, otomatis data pribadi bisa diambil oleh pihak peminjam. Seseorang sering mengizinkan aplikasi untuk mengakses seluruh data yang ada di ponsel padahal tidak berdasarkan fungsinya.

Dengan izin tersebut, pihak pemberi pinjaman akan memiliki data lengkap peminjam. Mereka bisa saja memanfaatkan data tersebut untuk hal yang kurang mengenakkan serta disebar dengan mudah.

  1. Kehilangan tempat kerja & pemutusan hubungan

Ada sejumlah kasus yang mana penagihan pinjol tidak sesuai prosedur. Ini biasanya terjadi pada pinjol ilegal. Misalnya dengan menagih pada seluruh kontak yang ada di ponsel maupun ke perusahaan tempat peminjam bekerja.

Dampak yang terjadi karena hal ini yakni peminjam bisa kena PHK perusahaan, data disebarkan bahkan bisa diceraikan oleh pihak suami/ istri.

  1. Bunga dan denda menumpuk

Apabila terlambat dalam membayar tagihan, beban bunga dan denda akan terakumulasi hingga mengakibatkan hutang menumpuk. Jika ini terus dibiarkan tentu hutang akan sulit dilunasi.

Demikian ulasan mengenai bahaya fintech ilegal yang sebaiknya anda ketahui agar anda bisa lebih berhati-hati dalam memilih fintech yang aman. Untuk mendapatkan informasi digital lengkap yang lain anda bisa mengunjungi laman Dunia Fintech. Berbagai informasi penting bisa anda baca di laman ini agar anda tidak terjebak fintech abal-abal yang merugikan.