Bagaimana produk digital membentuk ekonomi pasca-COVID

Merancang dan mengembangkan produk digital memerlukan pendekatan menyeluruh, mulai dari menyusun strategi digital Anda, pemasaran sebelum dan sesudah peluncuran, dan peningkatan berkelanjutan. Hari ini, proses ini telah menjadi sangat kompleks. Kami telah melihat adopsi digital meroket. Dalam beberapa kasus, 10 tahun adopsi konsumen terhadap e-commerce dikompres menjadi tiga bulan selama pandemi. Akibatnya, perusahaan perlu mengejar keinginan dan permintaan digital yang meningkat ini.

Ayo Tes PCR

Transformasi digital terjadi di sekitar kita, jadi bagaimana seharusnya perusahaan memulai perjalanan produk digital mereka?

Di blog ini, kami mewawancarai Andy Norman, Presiden Mobiquity, tentang bagaimana perusahaan yang ingin meningkatkan produk digital dan pengalaman digital mereka harus mendekati bagian yang semakin penting ini dari keseluruhan strategi mereka untuk menyenangkan pelanggan mereka di normal baru.

Mari kita mulai dengan bertanya kepada Anda: apa itu produk digital?

AN: Produk digital dapat berupa aplikasi digital, platform, atau kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak yang mendorong aliran pendapatan baru untuk suatu organisasi. Pengalaman imersif yang disediakan produk digital menghubungkan titik-titik di antara banyak titik sentuh menggunakan pendekatan berbasis data, meningkatkan keseluruhan pengalaman merek yang diberikannya kepada pelanggan.

“Mengapa saya harus membuat produk digital?” adalah pertanyaan banyak pemimpin bertanya pada diri mereka sendiri. Menurut Anda mengapa sekarang adalah waktu untuk berinvestasi dalam produk digital?

AN: Sekarang adalah waktu yang tepat untuk menilai kembali strategi digital Anda. Adopsi digital berada pada titik tertinggi sepanjang masa. Pandemi COVID-19 telah mengubah banyak industri dan penekanan yang lebih besar pada produk dan pengalaman digital telah tiba. Saya benar-benar tidak berpikir kita akan pernah kembali ke masa pra-pandemi — artinya, saya pikir digital ada di sini untuk tetap ada dan itu akan benar-benar mengganggu dan mengubah ekonomi. Dan ini bagus. Pelanggan memiliki harapan yang lebih tinggi dalam hal berinteraksi dengan merek dan perusahaan yang memahami hal ini dan fokus untuk terobsesi dengan pelanggan pada akhirnya akan menciptakan teknologi baru yang mendefinisikan pengalaman konsumen pasca-COVID. Ini adalah waktu yang menyenangkan untuk berinovasi dan menciptakan perjalanan pelanggan baru yang lebih mencerminkan cara baru mereka untuk terlibat dengan merek Anda.

Rekayasa produk sering kali menjadi bagian terbesar dari pekerjaan dalam hal menciptakan dan meluncurkan produk digital baru di pasar. Mengapa ini penting dan apa saja fitur yang harus dicari saat mengevaluasi mitra yang dapat mengubah visi perusahaan menjadi kenyataan? Memikirkan tentang pengembangan produk digital, saran apa yang Anda miliki untuk mengembangkan strategi digital jangka panjang?

AN: Rekayasa produk adalah jantung dan jiwa dari setiap produk digital hebat yang Anda alami. Tidak ada yang “hanya berfungsi” tanpa rekayasa produk. Menurut pendapat saya, mitra konsultasi digital terbaik menggabungkan manajemen produk, analisis bisnis, dan inovasi produk untuk keberhasilan pengelolaan produk Anda yang berkelanjutan. Tim pengembangan biasanya terdiri dari ilmuwan data, insinyur, pengembang, ahli strategi, dan desainer yang semuanya bekerja sama untuk memastikan bahwa ketika Anda membuka aplikasi, masuk ke portal situs web, atau menggunakan saluran digital lainnya, Anda dapat mencapai apa yang Anda inginkan. berangkat untuk dilakukan.

AN: Strategi digital jangka panjang mengakui bahwa satu hal yang konsisten tentang perubahan adalah konstan. Jadi, saat Anda sedang dalam proses manajemen perubahan dan mengembangkan produk digital baru, penting untuk memasukkan perubahan ke dalam strategi Anda. Pertimbangkan bagaimana ini membantu perusahaan yang dapat dengan cepat berputar pada puncak COVID pada tahun 2020 (dan bagaimana hal itu benar-benar merugikan perusahaan yang tidak memiliki rencana berpikiran maju).

Beberapa pertanyaan yang harus Anda pertimbangkan untuk membantu Anda membuat strategi digital jangka panjang dengan lebih baik meliputi:

Apakah Anda memiliki rencana untuk secara teratur memeriksa sasaran produk, data pelanggan, dan analitik Anda?
Apakah Anda secara konsisten memperbarui aplikasi seluler atau situs web Anda untuk memenuhi kebutuhan pelanggan?
Apakah Anda mengukur semua yang Anda lakukan terhadap Anda?
Apakah Anda memiliki rencana untuk orang, proses, dan teknologi jika Anda perlu membuat perubahan pada produk Anda?
Apakah Anda akan mengadakan pertemuan rutin untuk menghasilkan ide dan brainstorming yang inovatif?

Apa masa depan manajemen produk?

Memikirkan bagaimana mengembangkan strategi digital jangka panjang membutuhkan pemikiran dan perencanaan strategis ke depan. Kami telah menyaksikan visi produk yang tidak mempertimbangkan jangka panjang, dan di sinilah beberapa gagal dalam mencapai tujuan bisnis mereka. Jangan hanya mempertimbangkan apa yang Anda ketahui. Rencanakan masa depan dengan menetapkan tata kelola untuk menangani hal-hal yang tidak diketahui yang muncul dari waktu ke waktu dan Anda akan jauh lebih siap untuk sukses.

Setelah visi produk diterapkan, apa langkah selanjutnya? Kita sering mendengar tentang product roadmap. Bisakah Anda memberikan contoh peta jalan produk, apa yang harus ada di dalamnya, dan praktik terbaik?

Ayo Tes PCR