• Sun. Feb 28th, 2021
ponon betadine

Foto : istockphoto

Pohon Betadine atau betadine batang adalah penyebutan dari beberapa masyarakat pada tanaman dengan nama latin Jatropha multifida, penyebutan lainya juga biasa dikenal dengan jarak cina, jarak tintir, pohon yodium dan jarak gurita.

Pohon betadine bukanlah tanaman asli Indonesia, melainkan pendatang dari Amerika, lebih tepatnya berasal dari bagian Selatan Amerika. Termasuk dalam tumbuhan tropis sehingga dapat mudah tumbuh di Indonesia.

Sesuai namanya pohon betadine karena memang tanaman satu ini mempunyai khasiat layaknya obat betadine, namun dengan versi yang alami.

Bagian tanaman yang mempunyai khasiat ada pada getahnya, getah pohon betadine yang memiliki warna bening kekuning-kuningan diketahui bersifat antibakteri, antiinflamasi, antifungi, antiradang, serta antimikroba.

Kemampuan inilah yang sering digunakan dalam mencegah luka kulit agar tidak terinfeksi.

Manfaat pohon betadine untuk jerawat dan bisul.

Tanaman satu ini juga bisa kamu gunakan untuk mempercepat penyembuhan bisul dan jerawat loh.

Salah satu penyebab timbulnya jerawat dan bisul dapat dikarenakan adanya infeksi bakteri Staphylococcus aureus, penyumbatan folikel rambut alias pori-pori kulit.

Jika pori-pori kulit tersumbat dan menjadi sarang bakteri Staphylococcus aureus, maka hal ini akan menyebabkan peradangan yang ditandai dengan pembengkakan, warna kemerahan, rasa perih atau panas dan terakhir ditandai dengan adanya bintik putih.

Bisul dan jerawat umunya timbul akibat reaksi perlawanan tubuh terhadap serangan infeksi. Akan tetapi adapun sebagian orang yang mempunyai kelainan, yaitu timbulnya bisul dan jerawat akibat dari mengkonsumsi makanan.

Untuk itu kemampuan dari Pohon betadine yang bersifat antibakteri, antiradang serta antimikroba bisa kamu manfaatkan sebagai obat untuk mempercepat penyembuhan jerawat dan bisul.

Penggunaanya yang sederhana, kamu hanya perlu memetik beberapa tangkai daun pohon betadine, lalu mengolesnya pada kulit kamu yang bermasalah, harap sedikit berhati-hati terutama untuk kamu yang baru pertama kali menggunakanya.

Pasalnya getah pohon betadine akan terasa sedikit perih seperti terkena alkohol jika mengenai luka. Lakukan pengolesan pada jerawat dan bisul beberapa hari kedepan dan masalah bisul, jerawat, serta bekasnya akan hilang secara perlahan.

Di samping itu tanaman juga tak hanya menyembuhkan luka loh, beberapa masalah seperti sariawan, luka pada kulit, luka bakar, luka bernanah, kudis, dam kurap bisa diatasi menggunakan pohon betadine.

Nah itulah manfaat pohon betadine dalam mengobati jerawat dan bisul karena kandunganya. Manfaat satu ini bisa kamu gunakan sebagai cara alternatifnya. Selamat mencoba.

Sumber : https://www.healty99.com/