Menjadikan berlian sebagai alat untuk investasi bukanlah hal yang asing lagi. Ada banyak wanita yang mengoleksi kalung berlian elegan dan mewah dan tidak hanya untuk dijadikan aksesoris semata. Ini dikarenakan berlian merupakan jenis batu mulia yang cukup sulit ditemukan.

Apakah Kalung Berlian Bisa Digunakan Investasi?

Semakin banyak bisnis berlian ini dilirik oleh masyarakat. Ada beberapa jenis berlian yang cocok untuk dijadikan investasi dengan harga yang cukup terjangkau. Siapa saja sebenarnya bisa menjadikan berlian sebagai investasi.

Ada beberapa alasan orang lebih memilih berlian untuk dijadikan investasi. Simak alasan kebanyakan orang memilih berlian sebagai investasi.

Berbagai Alasan Menjadikan Berlian Sebagai Investasi

Berikut adalah beberapa alasan yang bisa meyakinkan kamu kenapa harus memilih berlian untuk investasi:

1. Aman Dari Inflasi

Tidak seperti emas yang mengalami perubahan harga dikarenakan inflasi. Harga berlian cenderung lebih stabil dan tetap sama seperti harga kamu membelinya. Sehingga kamu tidak perlu takut jika terjadi inflasi.

2. Harga Ditentukan Dari Kualitas Berlian

Berbeda dengan emas yang ditentukan dengan kadar berat serta kemurniannya. Jika berlian memiliki harga jual yang murni karena kualitasnya. Harga ini diberikan bukan dari pihak pemerintah.

Harga ini ditetapkan murni oleh pihak pembeli maupun pihak penjual itu sendiri. Beda dengan emas yang telah ditetapkan standar harganya oleh pemerintah.

3. Nilai Yang Terus Meningkat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa berlian aman akan inflasi. Sehingga harganya cenderung tetap bahkan terus meningkat setiap waktunya. Hal ini menjadikan berlian cocok untuk investasi jangka panjang.

4. Tidak Sulit Untuk Pemula Yang Ingin Berinvestasi

Ada beberapa jenis berlian yang tidak terlalu memiliki harga beli tinggi. Berbeda dengan investasi saham yang membutuhkan identitas. Investasi berlian tidaklah memerlukan hal tersebut.

Harga acuan berlian juga tidak sulit untuk dipelajari dan dipraktekkan. Resiko yang rendah juga bisa menjadi salah satu alasan kamu harus memulai untuk melakukan investasi berlian ini.

5. Tidak Hanya Untuk Investasi

Membeli berlian bukan hanya sebagai alat investasi. Karena awalnya ini adalah aksesoris yang dapat dikenakan maka membeli berlian tentu akan sangat menguntungkan. 

Dilain waktu kamu dapat mengenakannya sebagai perhiasan. Lalu kamu juga bisa menjadikan berlian ini sebagai alat investasi. Sangat menguntungkan bukan.

6. Harga  Yang Bersaing

Harga berlian serta harga emas, perak dan komoditi lainnya sudah diakui oleh internasional. Untuk itu harga 1 karat berlian akan selalu mengalami pembaharuan secara internasional.

Tips Memilih Berlian yang Baik

  • Tentukan berat yang akan dibeli
  • Pilih berlian dengan tampilan yang baik
  • Tingkat kejernihan
  • Sertifikat yang diakui oleh internasional
  • Model yang klasik
  • Pilih berlian utuh jangan yang cacat
  • Perhatikan 4C (Colour, Clarity, Cut)

Menjadikan kalung berlian elegan dan mewah tentunya bukan hal yang salah untuk berinvestasi. Hanya saja sebelum menjadikan berlian sebagai alat investasi. Kamu juga harus paham resiko apa yang akan terjadi kedepannya.

 

By Drajad