• Sun. Nov 29th, 2020

Apa Itu Teknologi LiDar yang Ada di iPhone 12 Pro dan Pro Max?

Byzuzum gaul

Oct 25, 2020

Beberapa hari yang lalu iPhone 12 dirilis dengan beberapa fitur terbaru menjadikannya ponsel yang sangat bagus dan berbeda.

IPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max menawarkan teknologi yang lebih canggih daripada generasi sebelumnya, dan keduanya menawarkan sensor LiDar. Anda bisa melihat sensor ini di dekat kamera tampak belakang, tepat di area lingkaran hitam di pojok kanan bawah.

Anda pasti bertanya-tanya apa itu LiDar karena teknologi ini tergolong baru untuk disematkan di dalam sebuah ponsel. Supaya Anda tahu apa fungsinya, berikut penjelasan tentang teknologi terbaru di iPhone 12 Pro.

Pernyataan dari LiDar

LiDar (Light Detection and Ranging) merupakan teknologi penginderaan jauh yang sering digunakan untuk mengukur sifat-sifat cahaya yang tersebar untuk menentukan jarak dan informasi lain dari objek target yang jauh.

Sebelum digunakan di perangkat Apple, sensor LiDar digunakan secara luas untuk memindai bangunan, formasi batuan, dan lainnya. Sensor ini juga telah digunakan di berbagai bidang seperti geodesi, arkeologi, geografi, geologi, geomorologi dan banyak lagi lainnya.

Sensor LiDar pertama kali dipasang oleh Apple di iPad Pro dan dirilis pada Maret 2020. Sensor pada tablet Apple digunakan untuk melakukan pemindaian dengan mengukur berkas cahaya untuk membuat objek Augmented Reality (AR) yang lebih presisi.

Cara kerja sensor LiDar di iPhone 12 Pro

LiDar, termasuk dalam iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max, dikatakan memiliki kemampuan Apple untuk memindai lingkungan dan ruang dengan cahaya yang dipancarkan dari sumbernya dan kemudian memantulkannya kembali ke sensor saat objek tersebut berada. atau benda-benda di sekitar untuk ditemukan.

Setelah cahaya dipantulkan, jarak ke objek diukur dengan menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan cahaya untuk kembali ke sensor. Ini memungkinkan iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max untuk secara akurat memodelkan dan menempatkan objek Augmented Reality. Selain itu sensor ini juga digunakan untuk efek dan video untuk meningkatkan akurasi.

Misalnya, jika Anda berada di dalam ruangan dan mengaktifkan aplikasi Augmented Reality (AR) untuk perabot rumah tangga, Anda cukup mengarahkan iPhone 12 Pro atau iPhone 12 Pro Max ke area yang ditunjukkan. Objek berbasis AR muncul di layar ponsel seolah-olah Anda sedang berada di dekatnya.

Selain meningkatkan kemampuan autofokus kamera, Apple telah menunjukkan bahwa sensor LiDar dapat digunakan dalam kondisi gelap dengan menembakkan laser untuk menentukan jarak. Bahkan Apple mengklaim bahwa sensor LiDar ini memiliki kecepatan autofokus enam kali lipat dibandingkan kamera biasa.

Dengan kata lain, sensor LiDar memungkinkan pengguna iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max mengambil foto yang jernih dalam cahaya redup atau bahkan pada siang hari dalam mode lanskap dan potret.

Dengan hadirnya LiDar di iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max, kini semakin banyak metode yang bisa digunakan developer aplikasi pihak ketiga untuk mendapatkan data yang lebih akurat, terutama terkait AR.

Dapatkan info seputar gbwhatsapp & kinemaster pro secara detail pada tautan tersebut.