Apa Itu Riset Investasi & Bagaimana Cara Kerjanya

Keputusan investasi tidak selalu mudah dibuat. Ada berbagai pilihan untuk dipilih dan berbagai risiko yang terkait dengan berbagai jenis investasi. Apakah Anda berencana untuk berinvestasi di saham, real estat, obligasi, atau mata uang kripto, selalu ada kemungkinan ada kesalahan.

Namun, untungnya Anda dapat mengurangi risiko tersebut dengan berkonsultasi dengan perusahaan yang bergerak di bidang jasa riset investasi. Tujuan utama perusahaan adalah untuk mengumpulkan dan memberikan interpretasi data yang dapat membantu proses pengambilan keputusan investasi.

TraderHUB.id adalah komunitas trading terdepan di Indonesia. Kami menyediakan berbagai fasilitas yang dapat mendukung kebutuhan trader selama transaksi.

Riset investasi adalah proses yang cermat dan terperinci yang mengidentifikasi prospek investasi yang menjanjikan dan mengecualikan semua opsi yang mudah berubah dan berisiko. Perusahaan yang menyediakan layanan ini mempertimbangkan kebutuhan Anda dan menganalisis semua kemungkinan yang terbuka untuk Anda berdasarkan kebutuhan Anda. Mereka kemudian membuat asumsi yang diperhitungkan tentang investasi yang menurut Anda akan menguntungkan dan sesuai dengan target Anda.

Apa Proses Riset Investasi?

1. Analisis Lingkungan

Beberapa faktor lingkungan, seperti lanskap politik, ekonomi, tata letak geografis, pasar modal, dll., di suatu daerah, dapat memengaruhi keputusan investasi. Yang penting, harus dipertimbangkan ketika memilih investasi yang tepat karena dipengaruhi oleh pasar dari berbagai sudut. Selama proses riset investasi, langkah ini mengidentifikasi dan menganalisis situasi pasar saat ini dan semua faktor yang dapat mengubah situasi ini.

Dengan riset dan analisis yang tepat, serta melalui perhitungan yang komprehensif, kita dapat memprediksi secara akurat nilai dari sebuah investasi nantinya. Singkatnya, analisis lingkungan memberikan gambaran tentang pasar dan investasi yang lebih besar. Ini memberi Anda wawasan yang lebih dalam tentang prospek investasi apa pun sehingga Anda dapat membuat keputusan yang lebih lengkap.

2. Alokasi Aset

Pada tahap kedua, peneliti investasi melakukan beberapa perhitungan untuk menentukan area di mana sumber daya Anda akan menghasilkan paling banyak. Keputusan ini harus sejalan dengan tujuan investasi Anda. Misalnya, jika Anda memiliki target jangka panjang dan kerugian jangka pendek bukan masalah Anda, Anda dapat berinvestasi di area yang memiliki risiko jangka pendek yang tinggi.

Sementara prospek ini mungkin memiliki volatilitas jangka pendek, prospek jangka panjangnya bagus, dan masa depan terlihat menjanjikan. Oleh karena itu, evaluasi mendalam, tinjauan, dan manajemen portofolio sangat penting untuk membuat keputusan investasi yang sukses.

3. Seleksi Keamanan

Tahap terakhir dari proses ini adalah ketika Anda membuat keputusan tertentu. Langkah sebelumnya membantu Anda mengidentifikasi rute terbaik untuk investasi Anda, dan tahap ini akan membantu Anda memilih opsi di jalur tersebut. Untuk membuat keputusan ini, Anda dapat menggunakan tiga metode opsi keamanan. Anda dapat menggunakan ketiga pendekatan tersebut untuk menentukan sekuritas mana yang paling cocok untuk Anda dan mana yang paling murah.

Ketiga pendekatan tersebut adalah:

Investasi Makro

Cara ini hampir sama dengan hedge fund. Ini termasuk investasi dalam aset yang tampaknya memiliki cakupan yang besar. Investasi makro bergantung pada perkembangan global dan tidak spesifik untuk industri atau pasar mana pun.

Selama pendekatan ini, peneliti investasi menganalisis iklim global untuk membuat prediksi dan penilaian, membuatnya bisa diterapkan. Misalnya, para profesional dapat mencari tanda-tanda resesi di suatu negara dan mengurangi investasi di dalamnya, atau mereka dapat mengidentifikasi pertumbuhan masa depan negara tersebut dan mendorong investasi di sana.

Analisis Teknis

Untuk metode ini, keputusan investasi akhir sangat bergantung pada aksi pasar. Para ahli memilih semua panduan terbaik berdasarkan aturan dan permintaan penawaran. Kemudian menganalisis skenario berdasarkan data harga dan volume untuk memprediksi kinerja jangka panjang. Hasil analisis ini menyoroti sekuritas dengan pengembalian yang baik, dan ini akan membantu proses pengambilan keputusan akhir.

Analisis Fundamental

Pendekatan terakhir adalah analisis fundamental yang melihat detail kecil ketika melihat prospek investasi. Isu-isu khusus termasuk stabilitas keuangan perusahaan, manajemen, dan struktur operasional, harga saat ini dan perkiraan biaya saham, dan faktor-faktor lain yang perlu diperiksa.

Faktor-faktor ini akan bervariasi tergantung pada jenis jalur investasi yang Anda pertimbangkan. Berdasarkan hasil analisis ini, Anda dapat memprediksi apakah investasi tersebut akan terbukti menguntungkan atau tidak.