Apa Itu Minyak Kemiri dan Apa Manfaatnya?

Pada artikel kesehatan kali ini, kita akan membahas mengenai manfaat minyak kemiri. Kemiri merupakan  yang biasanya bijinya dapat untuk dimanfaatkan sebagai rempah-rempah maupun minyak. Minyak yang diekstrak melalui biji kemiri, dapat berguna bagi suatu industri yang digunakan sebagai bahan dari campuran cat dan masih banyak lagi manfaatnya.

Beberapa manfaat dari minyak kemiri

1.       Dapat menjaga kelembaban pada kulit kepala

Kemiri memiliki kandungan akan asam lemak yang nantinya diekstrak  yang menjadi minyak kemiri. Dikarenakan kandungan yang terdapat pada kemiri bermanfaat dalam melembabkan kulit kepala yang kering. Minyak kemiri sendiri akan masuk serta meresap melalui pori-pori kulit kepala dengan mudah, yang memberikan nutrisi pada kulit kepala. Dan menyebabkan kulit kelapa dapat terasa lebih halus serta kenyal. Dan tidak perlu khawatir apabila minyak kemiri akan membekas.

2.       Dapat untuk melindungi kulit yang terkena sinar matahari

Selain dari pada memiliki kandungan pada asam lemak, minyak dari kemiri juga memiliki kandungan vitamin contohnya seperti vitamin A, C, dan juga vitamin E. Vitamin tersebut berfungsi untuk antioksidan yang dapat melindungi kulit pada berbagai macam kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas, yang diterima oleh kulit melalui banyak sumber pada suatu lingkungan, contohnya seperti sinar matahari, debu, angin, serta partikel-partikel yang ada pada lingkungan lainnya.

3.        Membantu dalam menyembuhkan luka di bagian kulit

Selain manfaat tadi, minyak kemiri juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan masalah pada kulit tertentu. Misalnya seperti kulit kering, pecah-pecah, iritasi ringan, luka, bekas luka, jerawat serta psoriasis. Kandungan akan asam lemak serta kandungan antioksidan yang berada di minyak kemiri dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kulit tersebut.

4.        Dapat Mengurangi kerontokan pada rambut

Apakah Anda mengalami kerontokan rambut yang jumlahnya banyak? Apabila kerontokan rambut masih berjumlah sedikit, maka hal tersebut biasanya terjadi bagi setiap orang. Akan tetapi apabila kerontokan rambut tersebut dengan jumlah yang banyak, mungkin saja hal tersebut merupakan suatu masalah. Cara untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan minyak yang diekstrak dari kemiri atau minyak kemiri.

Dengan cara mengoleskan minyak tersebut kebagian kulit kepala yang sering rontok setiap hari. Minyak kemiri dapat mencegah serta mengurangi kerontok pada rambut sampai ke akarnya. Karena memiliki kandungan akan protein serta mineral yang berada pada minyak kemiri tersebut, maka dapat membantu agar akar rambut menjadi kuat. Selain daripada itu, menggunakan minyak pada rambut dapat juga untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

5.        Menjaga kesehatan pada rambut serta kulit kepala

Dikarenakan memiliki kandungan asam amino serta asam lemak yang akan meresap di kulit kepala sampai menembus batang rambut  pada minyak kemiri, hal tersebut dapat membuat rambut serta kulit kepala menjadi sehat. Minyak kemiri juga dapat membuat rambut yang dioleskan minyak tampak lebih berkilau dan mempertahankan warna pada rambut serta dapat membuat rambut lebih halus dan juga tebal, dan juga minyak kemiri dapat mengatasi gatal pada kulit kepala serta ketombe.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat minyak kemiri yang memiliki banyak kandungan asam amino serta asam lemak dan juga berbagai kandungan lainnya, yang mana telah dirangkum sedemikian rupa pada artikel kesehatan kali ini.