• Thu. Dec 3rd, 2020

Apa itu Hosting? Pengertian Hosting dan Jenisnya

Byzuzum gaul

Nov 5, 2020

Definisi hosting. Apa itu hosting? Apa itu hosting, shared hosting, dedicated hosting, dan cloud hosting?

Tentunya kedua istilah tersebut masih belum diketahui oleh sebagian orang yang baru memasuki dunia web development atau blogging. Mungkin banyak dari kita yang masih bingung tentang perbedaan antara jenis hosting tersebut.

Apa itu hosting?

Hosting atau web hosting merupakan media penyimpanan umum yang digunakan untuk menyimpan data baik secara individu (individu) maupun dalam organisasi (komunitas dan perusahaan) secara online sehingga siapapun dapat mengaksesnya melalui koneksi internet.

Hosting digunakan untuk mempublikasikan suatu website / halaman web sedemikian rupa sehingga selalu terkoneksi dengan internet dan dapat diakses oleh banyak pihak melalui alamat IP publik yang ditentukan oleh penyedia hosting. Anda juga bisa menggunakan domain yang perlu kita beli terlebih dahulu.

Penggunaan domain itu sendiri dimaksudkan agar pengguna lebih mudah mengingat alamat berdasarkan nama / karakter daripada harus menggunakan alamat IP.

Jenis hosting

Ada banyak jenis hosting sendiri termasuk:

1. Personal Hosting

Seperti namanya, hosting pribadi adalah sejumlah kecil ruang penyimpanan yang biasanya digunakan untuk pemula, mahasiswa, dan beberapa orang yang baru mulai belajar blog.

Personal hosting sendiri memiliki fitur yang sangat sedikit, hanya berupa tools yang dapat digunakan untuk mengatur aplikasi kita agar dapat tetap berjalan.

Namun saat ini sudah banyak penyedia layanan hosting yang menyediakan fungsionalitas lengkap untuk pelanggan personal hosting seperti: B. salah satu mitra kami yang tercantum di bawah ini.

2. Shared Hosting

Shared hosting tidak jauh berbeda dengan hosting pribadi dan biasanya memiliki kapasitas yang lebih besar karena berisi banyak pengguna, sama seperti tipe “bersama” nya.

Hosting jenis ini banyak digunakan oleh usaha kecil untuk menyimpan website dan blog company profile mereka. Ada juga beberapa perusahaan besar yang menggunakannya tetapi hanya menyimpan email dan profil perusahaan mereka.

Karena kapasitasnya yang lebih besar daripada hosting pribadi, hosting bersama seringkali dapat menghosting lebih dari satu sumber daya dari beberapa situs web / blog secara bersamaan.

Hosting bersama juga banyak digunakan sebagai wadah email oleh beberapa perusahaan yang membutuhkan email profesional sesuai nama domain mereka.

3. Dedicated Hosting

Dedicated hosting sendiri merupakan penyimpanan yang didedikasikan untuk pelanggan yang memiliki persyaratan khusus untuk aplikasinya.

Seperti namanya, dedicated berarti penyedia layanan hosting menyediakan atau mencadangkan ruang penyimpanan khusus (komputer fisik) untuk klien. Penggunaan hosting jenis ini memberikan kami hak akses yang lebih luas karena tujuan utama dedicated hosting adalah memberikan fasilitas terbaik sesuai permintaan berupa jaminan ketersediaan, dukungan penuh, dan rencana pemeliharaan fasilitas backup.

Tidak seperti shared hosting, yang bisa kita gunakan dalam komunitas, dedicated hosting memiliki ruang penyimpanan terpisah yang terpisah dari yang lain. Ini sangat penting jika aplikasi kita mempunyai kebutuhan khusus untuk menunjang kinerja karena banyak sekali trafik di aplikasi kita.

4. Cloud Hosting

Lalu apa yang dimaksud dengan cloud hosting? Cloud hosting adalah penyimpanan online berbasis “cloud” yang dengannya kita dapat menyimpan data / aplikasi kita di lebih dari satu server. Hosting berbasis cloud, selain evolusinya, memiliki arsitektur yang lebih modern dan lengkap.

Dengan hosting tradisional (bersama), cloud hosting memungkinkan kami menyediakan beberapa server virtual dengan lokasi berbeda baik secara acak atau individual oleh penyedia hosting jika hanya satu server fisik yang dibagikan.

Dapatkan hosting wordpress murah hanya di cloudku.id, disana juga menyediakan cloud hosting murah lho!, yuk silahkan bisa kunjungi & order.