Apa itu AC?

 

Ketika kita memikirkan AC, kita cenderung fokus hanya pada mendinginkan rumah di musim panas. Tetapi istilah itu mencakup lebih dari sekedar pendinginan. Ini berkaitan dengan pengendalian lingkungan interior agar tetap nyaman dan sehat. Jadi tidak hanya mencakup pendinginan tetapi juga pemanasan, gerakan udara, tingkat kelembaban, pengendalian polusi, pengendalian debu dan pengendalian mikroorganisme.

Rumah Anda – atau pabrik, gedung perkantoran, sekolah, rumah sakit, atau bangunan lain – memiliki persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh AC. Semua pertimbangan desain ini berkaitan dengan menjaga orang-orang di dalam struktur tetap nyaman dengan menyeimbangkan produksi panas metabolik mereka – panas yang dihasilkan oleh proses biokimia yang terjadi di tubuh mereka – dengan suhu udara sehingga mereka tidak merasa terlalu hangat atau terlalu dingin.

Dua dari pertimbangan terpenting dalam memilih sistem pendingin udara yang tepat untuk setiap area tertutup adalah suhu udara dan kelembaban relatif. Faktor penting lainnya adalah “beban”, atau tekanan pada sistem AC, yang diperlukan untuk menjaga lingkungan yang nyaman. Peralatan tersebut harus dapat melakukan tugasnya sambil membawa beban seefisien mungkin.

Ada dua jenis beban yang harus ditangani oleh sistem pendingin udara lengkap: pemanasan dan pendinginan. Beban pemanasan terjadi ketika panas yang keluar dari ruangan lebih dari panas yang masuk ke ruangan dari sumber mana pun, termasuk matahari. Beban pendinginan terjadi ketika lebih banyak panas yang masuk ke dalam ruangan daripada meninggalkannya.

Kelembaban di udara juga menimbulkan beban dan, bagi kebanyakan orang, lebih menjadi pertimbangan saat pendinginan diperlukan. Lebih banyak kelembapan yang masuk ke dalam ruangan daripada meninggalkannya, dan sistem AC harus menghilangkan kelebihannya agar penghuninya tetap nyaman. Hampir setiap orang pernah mengalami situasi di mana “kelembaban tinggi” menyebabkan ketidaknyamanan bahkan ketika suhu tidak terlalu tinggi. Menjaga udara tetap kering memungkinkan suhu udara lebih tinggi tanpa mengorbankan kenyamanan.

Menjaga suhu udara dan tingkat kelembaban dalam batas-batas tertentu adalah fungsi AC yang paling terkenal dan dipahami. Namun, setelah selesai, sistem ini juga menyaring partikel di udara, termasuk debu dan mikroorganisme, yang mungkin berkontribusi pada reaksi alergi dan penyakit. Inilah sebabnya mengapa Anda dianjurkan untuk sering mengganti “filter tungku” yang juga merupakan filter sistem pendingin.

Sistem pendingin udara tidak berguna tanpa cara untuk mendistribusikan udara. Bahkan AC jendela, misalnya, membutuhkan kipas untuk mengalirkan udara ke dalam ruangan. Sistem AC sentral menggunakan kipas angin untuk memindahkan udara dan saluran kerja untuk membawa udara hangat atau dingin ke berbagai ruangan. Udara bergerak melalui saluran, keluar ke ruangan melalui satu set ventilasi dan kemudian kembali, melalui satu set saluran terpisah. Sirkulasi udara ini memungkinkan udara segar bercampur dengan udara yang sudah didinginkan atau dihangatkan.

Di Midwest HVAC Parts, Anda akan menemukan tungku Sure Comfort dan AC Sure Comfort, serta suku cadang HVAC Sure Comfort.

Ini adalah sumber online yang ideal untuk suku cadang AC dan tungku serta sistem pendingin udara lengkap.

 

sumber : service ac pekanbaru