Awalnya, minyak mentah yang sudah ditampung di di dalam tangki bahan baku selanjutnya bakal di pompa untuk dimasukkan kedalam kolom CDU (Crude Distillation Unit). Tetapi, sebelum akan dimasukkan ke di dalam kolom disilasi, crude oil di awalnya sudah dihilangkan kadar garamnya dengan mengfungsikan alat yang disebut desalter.

Dari desalter, minyak mentah bakal dilewatkan terhadap alat penukar panas untuk menyerap panas dari fraksi yang terlah didistilasi sebelumnya. Tujuan dari penyerapan panas selanjutnya yaitu untuk meringankan kinerja tungku (furnace).

Tahap selanjutnya yaitu pemasakan, minyak mentah menggunakan Flow Meter bakal dipanaskan terhadap tungku dengan suhu tidak cukup lebih 350°C, suhu selanjutnya diakui cukup untuk memisahkan fraksi-fraksi minyak mentah. Namun, suhu yang digunakan termasuk mesti sesuai dengan model minyaknya.

Pemisahan di di dalam kolom distilasi terjadi secara atmosferik atau bertekanan atmosfer, supaya sistem ini sering termasuk disebut distilasi atmosferik. minyak bumi di di dalam kolom bakal mengalami penguapan, dan uapnya bakal tertampung terhadap susunan tray.

Perlu diketahui bahwa, tiap-tiap tray terletak terhadap titik didih tertentu, kalau saja fraksi kerosin, bakal tertampung terhadap tray yang terletak terhadap suhu 120°C. Selanjutnya fraksi yang memiliki titik didih paling rendah (gas) bakal berada terhadap bagian atas kolom, begitupun dengan fraksi berat atau long residu bakal terakuimulasi terhadap bagian basic kolom (bottom column). Long residu selanjutnya umumnya bakal diolah lebih lanjut dengan mengfungsikan metode distilasi vakum.

Selanjutnya fraksi yang sudah dipisahkan dan terampung terhadap tray bakal keluar melalui pipa, dan dialirkan ke alat penukar panas untuk diserap panasnya oleh bahan baku yang bakal dimasukkan ke kolom CDU. Setelah panasnya terserap, maka bakal didinginkan dengan alat pendingin yang disebut dengan cooler, dan kemudian dialirkan ke unit-unit berikutnya (secondary process) untuk diolah sampai jadi product bahan bakar.

Demikianlah ulasan kali ini perihal rangkaian sistem distilasi minyak bumi yang merupakan sistem awal (primary process) terhadap kilang minyak.

By Drajad