Jika Anda belum pernah mendengar atau menggunakan TikTok, Anda pasti seperti Patrick dari Spongebob dan benar-benar hidup di bawah batu. Aplikasi media sosial, yang secara resmi dikenal sebagai musical.ly, dimiliki oleh perusahaan induk China, ByteDance, meraih popularitas selama beberapa tahun terakhir.

Penggunaan aplikasi dari tren dan suara populer dengan fokus pada bakat dan konten adalah kecocokan yang dibuat di surga, surga pemasaran, untuk orang-orang seperti Anda dan saya.

Menurut TikTok, aplikasi ini memiliki lebih dari 1 miliar pengguna setiap bulannya dan telah menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia dalam 12 bulan terakhir.

Awalnya, aplikasi ini dilihat sebagai mode untuk kaum muda (antara usia 12 dan 18) tetapi adopsi yang cukup cepat di seluruh demografi sangat besar dan sekarang ada ruang untuk hampir semua orang di aplikasi.

Jadi, 1 miliar orang menggunakan aplikasi setiap bulan, aplikasi ini sekarang digunakan secara luas di seluruh demografi dan gratis – terdengar seperti keputusan yang mudah bagi merek untuk melompat, bukan?

Salah! Adopsi dari merek jauh lebih lambat, mungkin karena pemasar mencari tahu tentang platform tetapi dalam 6 bulan terakhir, ini mulai meningkat. Untuk berjaga-jaga jika Anda perlu lebih meyakinkan, kami telah menyoroti 3 alasan utama kami mengapa Anda perlu memposting ke TikTok.

  1. Target audiens Anda ada di TikTok

Secara alami, Anda menginginkan kehadiran merek di mana pelanggan Anda berada. Apakah Anda menjual t-shirt, kopi, kursus pelatihan atau bahkan lansekap; pelanggan Anda berikutnya sedang menunggu di TikTok.

Awalnya, platform ini memiliki kecenderungan yang besar terhadap kaum muda (13-18), namun selama pandemi, tingkat adopsi meroket dan sekarang perpecahannya mirip dengan Instagram.

Di samping demografi tradisional, fokus TikTok pada sub-budaya telah memungkinkan komunitas khusus untuk berkembang. Sempurna untuk merek, Anda dapat pergi dan menemukan suku Anda dengan beberapa ketukan! Contoh yang bagus untuk ini adalah #foodtok, sebuah tagar yang digunakan oleh banyak pecinta kuliner di platform tersebut.

Untuk merek yang ingin memasuki komunitas ini, tagar adalah langkah pertama yang sempurna. Owh ya, jika anda ingin tahu tentang perkembangan teknologi social media terbaru, cobalah untuk berkunjung ke Majalah Ponsel, salah satu blog yang konsen membahas topic ini.

  1. Sangat mudah untuk memulai

Hanya lima tahun yang lalu, pemasaran video untuk UKM adalah pilihan yang mahal. Media pemasaran telah lama diturunkan ke merek dengan anggaran pemasaran yang besar.

Namun, ketika Instagram mengembangkan fungsi videonya dan Facebook mulai memberikan lebih banyak waktu tayang untuk video, UKM dapat menyadari peluang yang diberikan langsung kepada mereka.

Media sosial membutuhkan, atau berani kami katakan lebih suka, konten video (terutama konten video vertikal) sekarang karena umpan Instagram dan TikTok telah mengembangkan normal baru bagi kami.

Konten video ini tidak perlu direkam dengan teknologi terbaru, yang Anda butuhkan hanyalah smartphone (dan lampu cincin akan menjadi ideal).

Bagian yang mudah adalah merekam, mengedit adalah di mana beberapa keterampilan sebenarnya terletak ketika datang ke TikTok. Untungnya, ada sejumlah akun di Instagram dan TikTok yang menguraikan cara mendapatkan semua transisi trending yang keren dengan beberapa klik.

  1. Jangkauan organik tinggi masih (relatif) mudah dicapai

Apakah Anda ingat hari-hari ketika SEMUA pengikut Anda akan melihat posting Anda? Ah, seperti mengenang malam musim panas yang sempurna di musim dingin yang dalam, Anda hanya berharap itu akan kembali.

Sayangnya bagi kita semua, kita masih menunggu untuk mengalaminya!

Meskipun demikian, TikTok tampaknya menawarkan pengalaman serupa kepada merek dan pembuat konten di mana jangkauan organik masih dapat dicapai! Menggunakan campuran suara yang sedang tren, konten berkualitas tinggi, dan tagar; pengguna telah dapat mencapai 1 juta+ tampilan organik!

Untuk merek, ini akan terdengar sangat menjanjikan dan bahkan mungkin cukup untuk meyakinkan Anda untuk terjun ke TikTok dengan kedua kaki.

Fokus pada pembuatan konten yang akan dinikmati komunitas Anda dan jangkauan organik akan datang!

Jadi, sudahkah kami meyakinkan Anda untuk terjun ke TikTok?

Kami memahami itu bisa tampak menakutkan pada awalnya. Dari meneliti tren hingga mengedit klip dan tentu saja membintangi TikToks Anda sendiri, itu bukan prestasi yang berarti. Namun, kami telah melihat hasil yang luar biasa untuk merek di seluruh dunia yang mendedikasikan waktu untuk membuat TikTok mereka benar-benar menonjol.

Jika Anda membutuhkan bantuan atau ingin membicarakan strategi TikTok Anda, klik tautan di bawah ini dan hubungi ahli strategi media sosial Anda hari ini!

By Drajad