IT adalah bidang besar dengan berbagai jenis pekerjaan dan tanggung jawab. Mungkin ada pekerjaan IT yang sempurna untuk Anda, tidak peduli apa keahlian dan minat Anda. Bidang IT memiliki lowongan kerja fresh graduate untuk semua orang, dari yang mudah didapat hingga yang membutuhkan banyak pelatihan. Berikut adalah beberapa pekerjaan di bidang IT yang harus Anda ketahui jika Anda ingin bekerja di IT atau teknologi informasi.

1. IT manajer

Seorang manajer IT bertanggung jawab atas bagaimana departemen IT bekerja secara keseluruhan. Mereka bertanggung jawab atas uang, orang, dan teknologi. Mereka harus mampu memecahkan masalah dan berpikir kritis.

Tugas yang dilakukan oleh manajer IT:

– Mengelola anggaran, orang, dan teknologi
– memimpin dan melatih anggota tim
– melakukan audit IT
– menyediakan layanan pelanggan
– Menjaga keamanan jaringan
– memberikan kesaksian ahli dalam kasus IT

2. Administrator Jaringan

Administrator jaringan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa jaringan komputer perusahaan bekerja dengan baik. Mereka harus memiliki keterampilan IT yang baik karena mereka bekerja dengan banyak program perangkat lunak yang berbeda. Mereka juga harus bisa berbicara dengan orang lain dan membantu mereka.

Tugas administrator jaringan:

– Memelihara dan memperbaiki jaringan komputer untuk perusahaan
– Menjaga perangkat lunak perusahaan terbaru
– Menyediakan layanan pelanggan
– Mengelola keamanan jaringan
– Bersaksi sebagai ahli IT
– Melakukan audit IT
– Menyelidiki dan memperbaiki masalah IT

3. Database Administrator

Seorang administrator database bertanggung jawab untuk memastikan bahwa database dan aplikasi perusahaan bekerja dengan baik. Mereka harus memiliki keterampilan IT yang baik karena mereka bekerja dengan banyak program perangkat lunak yang berbeda. Administrator database juga banyak berbicara dengan pengguna, sehingga mereka harus pandai dalam layanan pelanggan dan berkomunikasi.

Tugas administrator basis data:

– Memelihara dan memperbaiki database perusahaan
– menjaga perangkat lunak perusahaan up to date
– Membantu pelanggan
– Merawat keamanan jaringan
– Bersaksi sebagai ahli IT
– melakukan audit IT
– melihat ke dalam dan memperbaiki masalah IT

4. Web Developer

Pekerjaan web developer adalah membuat dan menjaga situs web tetap berjalan. Mereka harus memiliki keterampilan IT yang baik karena mereka bekerja dengan banyak program perangkat lunak yang berbeda. Web developer juga perlu menjadi komunikator yang baik sehingga mereka dapat bekerja dengan baik dengan tim mereka dan menjelaskan ide-ide mereka kepada klien yang mungkin tidak tahu istilah teknis untuk hal-hal seperti desain situs web, dll.

Web developer harus menikmati mencari tahu masalah teknis yang rumit. Mereka juga harus bersemangat mempelajari hal-hal baru dan menghasilkan ide-ide baru. Mereka juga harus pandai memecahkan masalah dan bersedia memulai dengan gaji yang lebih rendah.

Tugas Web developer:

– Merancang, coding, dan pengujian halaman web.
– Menyediakan layanan pelanggan
– Mengelola keamanan jaringan.
– Melayani sebagai saksi ahli dalam kasus IT
– melakukan audit IT dan melihat ke dalam dan memperbaiki masalah IT

Ini adalah pekerjaan di bidang IT yang dapat digunakan sebagai karier di masa depan. Pekerjaan-pekerjaan ini di bidang IT dapat berkembang seiring dengan berkembangnya dunia teknologi informasi sehingga kesempatan untuk mencari lowongan kerja fresh graduate atau sesuai dengan bidang ini terbuka lebar.

By Drajad