Ketika membeli sebuah perhiasan, ada banyak hal yang harus Anda pertimbangan supaya tidak kecewa setelah membelinya. Anda tidak boleh cuma mementingkan modelnya saja dan mengabaikan bahan pembuatan dari perhiasan yang Anda beli.

7 Bahan Perhiasan Tidak Mudah Luntur

Bahan pembuatan yang digunakan pada perhiasan sangatlah penting supaya perhiasan tersebut bisa tahan lama dan awet. Nah, setiap bahan memiliki ketahanan dan tingkat sustain yang berbeda-beda. Jadi Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Bahan Perhiasan yang Tidak Luntur

Nah berikut ini akan kami berikan informasi tentang bahan-bahan perhiasan yang tidak mudah luntur serta memiliki warna yang indah dan menawan. Apa saja itu? Simak daftarnya berikut ini.

  1. Emas

Bahan pertama adalah emas, emas ini merupakan logam mulia yang memiliki nilai jual tinggi. Emas ini mempunyai sifat asli yang tahan terhadap korosi, warnanya tidak pudar, dan tidak menyebabkan alergi terhadap kulit manusia. Banyak sekali perhiasan di Adelle Jewellry yang dibuat menggunakan bahan dasar emas, bagi Anda yang penasaran bisa cek ke website resminya.

  1. Perak

Perak merupakan bahan selanjutnya yang memiliki tidak ketahanan tinggi. Keunggulan perhiasan berbahan perak adalah lebih murah dibanding emas. Meskipun lebih murah, namun penampilannya tidak kalah menawan dari emas. Perak murni mempunyai kadar 99,9%, namun ketika digunakan dalam pembuatan perhiasan, biasanya perak dicampur dengan logam lain seperti tembaga.

  1. Perunggu

Bahan perhiasan tidak luntur yang berikutnya adalah perunggu. Bahan ini memiliki warna yang cukup menarik dan tidak luntur. Kualitas bahan ini memang dibawah emas dan perak, namun perhiasan berbahan perunggu juga cukup banyak peminatnya. Warna perunggu ini dihasilkan dari campuran beberapa mineral lain. 

  1. Platinum

Platinum dikenal sebagai bahan perhiasan yang tidak mudah luntur dan memberikan kesan ekslusif kepada pemakainya. Hal ini tidak lain karena harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan emas. Platinum ini memiliki warna putih berkilau yang indah. Campuran pada perhiasan ini biasanya menggunakan 95% platinum dan 5% campuran bahan lainnya.

  1. Titanium

Bahan yang selanjutnya ini dikenal sangat kuat, tahan korosi, dan memiliki warna berkilau sehingga banyak digunakan sebagai bahan perhiasan. Dibandingkan dengan logam lain, titanium ini dikenal mempunyai kepadatan yang tertinggi. Bahan ini tidak akan luntur ketika terkena larutan seperti klorin yang dikenal bisa merusak saat mengenai logam.

  1. Palladium

Palladium ini sangat mirip dengan emas putih karena kilauannya yang begitu terang. Palladium ini sering digunakan untuk membuat perhiasan pengganti emas karena sifatnya yang bertahan lama. Palladium juga memiliki harga yang lebih murah dibanding emas.

  1. Zirconium

Zirconium adalah bahan perhiasan yang warnanya cukup unik, yaitu hitam dan abu-abu. Warna gelap dari bahan ini dihasilkan karena proses oksidasi. Warna yang dihasilkan bahan ini memberikan kesan yang elegan dan maskulin sehingga banyak disukai oleh para pria. Jika Anda mencari bahan perhiasan yang tidak mudah luntur, zirconium bisa jadi solusinya.

Demikianlah penjelasan tentang bahan perhiasan yang tidak luntur. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan Anda. 

By Drajad