• Sat. May 15th, 2021

5 TIPS LITERASI KEUANGAN RAMAH ANAK

Byjago

Apr 28, 2021 , ,
bagaimana mengatur keuangan

Siapa yang mengajari anak atau cucu Anda tentang uang? Mereka sepertinya tidak mempelajarinya di sekolah; hanya 17 negara bagian di AS yang saat ini mengharuskan siswa untuk mengambil kursus keuangan pribadi.

Banyak orang tua menghindari berbicara dengan anak-anak mereka tentang uang karena frustrasi atau penyesalan finansial mereka sendiri.

Jika anak-anak tidak belajar tentang uang di rumah atau sekolah, mereka akan ditinggalkan dalam kegelapan atau akan mempelajari kebiasaan keuangan dari teman-teman mereka dan media.

Terlepas dari apa yang diajarkan di sekolah, orang tua dan wali tetap menjadi pendidik dasar dalam hal mengajar anak tentang mencari nafkah, berbelanja, dan menabung.Teman-teman bisa mengunjung SalimAcademy.com untuk mendapatkan informasi ini.

April adalah Bulan Literasi Keuangan, menjadikannya waktu yang tepat untuk mengajari anak atau cucu Anda tentang uang. Tidak ada kata terlambat untuk memulai pelajaran penting ini!

Tip 1: Jadilah panutan.

Pada intinya, mengajari anak-anak tentang uang berarti mencontohkan perilaku yang baik. Anak-anak mulai mengamati orang tua mereka dengan cermat sejak masa bayi, dan pengawasan itu hanya meningkat seiring bertambahnya usia.

Ketahuilah bahwa Anda tidak harus menjadi ahli keuangan untuk mengajari mereka pelajaran penting yang akan bermanfaat bagi mereka di masa depan. Itu hanya menjadi panutan yang kuat yang dapat mereka pelajari.

6 Blog Pemasaran Digital Teratas Untuk Bisnis

Tip 2: Mainkan permainan uang.

Baik itu permainan papan atau platform digital, waktu bermain bukan hanya tentang waktu luang. Beberapa permainan mengajarkan anak-anak tentang uang, termasuk standar lama seperti Monopoli dan banyak video modern atau permainan ponsel pintar. Memainkan permainan ini bersama keluarga dapat memperkuat pelajaran yang sudah Anda ajarkan kepada anak Anda.

Tip 3: Libatkan anak Anda dalam keuangan rumah tangga.

Jangan berasumsi bahwa anak Anda terlalu kecil untuk belajar tentang uang; bahkan anak yang paling kecil pun dapat memahami konsep dasar. Jika Anda ingin mengajari anak-anak tentang uang, Anda perlu memberi mereka pengalaman langsung. Dari perjalanan ke toko bahan makanan atau mendapatkan bayaran hingga menyelesaikan pekerjaan rumah, ada banyak cara untuk melibatkan anak-anak Anda dengan keuangan sehari-hari.

Tip 4: Dorong menabung dengan program yang cocok.

Sejumlah orang dewasa yang mengejutkan tidak memanfaatkan rencana pensiun yang sesuai dengan majikan. Mengapa tidak memberi anak Anda permulaan tentang konsep ini dengan menyiapkan program pencocokan Anda sendiri?

Pelajaran yang dipelajari di masa kanak-kanak berdampak langsung pada kesejahteraan finansial mereka sebagai orang dewasa, jadi tawarkan untuk memberikan sedikit tambahan untuk setiap dolar yang ditabung anak Anda.

Hal ini tidak hanya membantu mereka mengembangkan kebiasaan dan sikap yang sehat tentang uang, tetapi juga membantu mempersiapkan mereka untuk sukses di masa depan.

Lihat disini, www.salimacademy.com/belajar-wordpress

Tip 5: Tingkatkan kompleksitas pelajaran dari waktu ke waktu.

Untuk anak kecil, pelajaran tentang uang mungkin sangat sederhana, tetapi anak yang lebih besar dapat menangani kerumitan tambahan. Membuat pelajaran moneter Anda sesuai dengan usia akan meningkatkan keefektifannya, sehingga anak-anak Anda dapat tumbuh menjadi orang dewasa yang paham keuangan.

Seiring bertambahnya usia anak Anda, kemungkinan besar mereka akan memiliki pemahaman dasar dan penghargaan terhadap uang. Untuk memperdalam literasi keuangan mereka, penting untuk memberi mereka sedikit lebih banyak kebebasan.

Itu bisa berarti membiarkan mereka bekerja paruh waktu selama musim panas, atau membiarkan mereka membeli kebutuhan seperti pakaian atau smartphone.

Mengajari anak-anak Anda tentang uang mungkin menjadi salah satu investasi terbaik yang akan Anda lakukan, dan prinsip yang Anda tanamkan pada mereka di usia muda dapat bertahan seumur hidup.