• Sun. Nov 29th, 2020

5 Tip Mengemudi untuk Pemula

ByMuchammat Kristanto

Nov 21, 2020
tips berkendara

Tip Mengemudi untuk Pemula

Jika Anda belajar mengemudikan mobil, itu bisa menjadi pengalaman yang sangat menakutkan. Ini pasti bisa menjadi agak mengintimidasi di jalan dengan kendaraan lain di sekitar Anda. Tetapi trik untuk menjadi pengemudi yang baik adalah menjadi pengemudi yang percaya diri yang tahu cara mengoperasikan mobil mereka.

Jika Anda selalu merasa gugup setiap kali harus berbelok atau melewati kendaraan, kemungkinan besar Anda akan mengalami kecelakaan. Anda dapat menghindari hal ini dengan mendidik diri Anda sendiri tentang semua dasar-dasar mengemudi sebelum Anda pergi ke jalan raya.

5 Tip Teratas untuk Driver Baru

Untuk membantu Anda memulai di belakang kemudi, ada 5 tip untuk pengemudi pemula yang tercantum di bawah ini. Ini adalah tip-tip yang dapat membantu setiap pengemudi pemula memulai mengemudi dengan baik.

1) Sesuaikan Cermin dan Kursi

Bahkan sebelum Anda menyalakan kunci kontak untuk menghidupkan mesin, Anda perlu memastikan bahwa Anda berada dalam posisi mengemudi yang nyaman. Ini berarti Anda perlu menyesuaikan kursi Anda dengan kursi yang nyaman untuk dikendarai. Kemudian Anda perlu menyesuaikan kaca spion samping dan kaca spion agar Anda dapat melihat dengan jelas di belakang Anda.

Jika anda mengemudi sedan, seperti Honda Civic Hatchback mungkin tidak akan terlalu ribet.

Jika tidak, Anda akan mendapati diri Anda mengemudi dengan tidak nyaman saat mencoba menyesuaikan spion. Ini akan meningkatkan kemungkinan terjadinya kecelakaan, terutama karena Anda adalah pengemudi baru.

2) Jangan Menginjak Pedal Gas dengan Keras

Jangan berpikir Anda perlu membanting kaki di atas pedal gas untuk mengakselerasi kendaraan. Secara bertahap tekan pedal gas dengan kaki Anda dan perlahan-lahan tingkatkan kecepatan akselerasi Anda.

Ini menawarkan lebih banyak kendali, mengurangi tekanan pada mesin, dan menghemat ban dan rem Anda. Menginjak pedal gas terlalu keras saat tidak diperlukan berdampak buruk bagi banyak komponen otomotif.

3) Gunakan Sinyal Belok

Setiap kali Anda perlu berbelok atau berpindah jalur, Anda harus selalu mengaktifkan sinyal agar pengemudi lain di jalan tahu ke mana Anda akan pergi.

Jika Anda gagal memberi sinyal, maka pengemudi di belakang Anda akan terkejut ketika Anda tiba-tiba melambat untuk berbelok atau mempercepat untuk berpindah jalur. Ini bisa mengakibatkan kecelakaan dan tidak ada yang menginginkannya.

Lihat juga : https://www.halohonda.com/honda-surabaya

4) Dorong Batas Kecepatan

Anda mungkin melihat banyak pengemudi lain di jalan yang melaju lebih cepat dari batas kecepatan. Tidak apa-apa jika mereka ingin melanggar hukum, tetapi itu tidak berarti Anda harus melakukannya.

Sebagai pengendara pemula, Anda harus selalu mematuhi batas kecepatan yang dipasang di jalan. Nyatanya, Anda mungkin mendapati diri Anda ingin melangkah sedikit lebih lambat daripada yang juga tidak masalah. Jika pengemudi lain ingin melewati Anda, biarkan mereka.

Jangan merasa tertekan oleh orang-orang di belakang Anda untuk bertindak lebih cepat. Tentu saja, jangan terlalu lambat karena itu juga bisa sama buruknya.

Selain itu, tetaplah di jalur kanan di jalan multi-jalur kecuali Anda sedang melewati kendaraan lain atau perlu segera belok kiri. Bahkan sebagian besar pengemudi veteran tidak mengikuti aturan ini. Tanda “tetap di kanan kecuali lewat” tidak hanya ada di sana untuk dekorasi.

5) Tidak Ada Gangguan

Pengemudi pemula di abad ke-21 mungkin akan tergoda untuk menggunakan smartphone atau gadget elektronik lainnya saat sedang mengemudi. Jangan jatuh ke dalam perangkap ini karena Anda dapat membahayakan diri sendiri dan pengemudi lain.

Seharusnya tidak ada yang mengganggu Anda di jalan, bahkan musik atau radio. Anda perlu memperhatikan cara mengemudi Anda saat Anda belajar dan mendapatkan pengalaman. Hanya karena Anda yakin dapat fokus pada lebih dari satu hal pada satu waktu, bukan berarti sebagai pengemudi baru Anda harus mencoba.

Hal-hal untuk diingat

Jika Anda bahkan belum memiliki SIM, Anda harus selalu didampingi oleh pengemudi berpengalaman atau instruktur mengemudi profesional di kendaraan Anda setiap saat. Tidak masalah jika Anda melakukan ini untuk pendidikan pengemudi atau berlatih dengan izin mengemudi Anda.

Undang-undang mengharuskan Anda berada di dalam kendaraan dengan pengemudi berlisensi. Tetapi meskipun hal-hal ini tidak diwajibkan secara hukum, tetap menyenangkan memiliki pengemudi yang berpengalaman untuk menjawab pertanyaan Anda dan memastikan bahwa Anda tidak melakukan sesuatu yang berbahaya.