• Thu. Dec 3rd, 2020
5 Perkembangan Bayi Normal Usia 3 Bulan

Melihat perkembangan bayi yang semakin cepat tentu menjadi hal penting yang ditunggu-tunggu dan diperhatikan oleh para orang tua. Ketika memasuki perkembangan bayi 3 bulan pertama, terdapat banyak ketrampilan baru yang memberikan perubahan, seperti kemampuan motorik interaksi dengan orang disekitarnya dan lainnya. Berikut beberapa hal yang akan terjadi pada perkembangan bayi ketika masuk pada usia 3 bulan.

Apa saja perkembangan bayi di usia 3 bulan? Berikut diantaranya

  1. Berat badan dan tinggi bayi bayi 3 bulan secara normal

Ketika masuk pada usia 3 bulan, maka pertumbuhan bayi sudah terlihat berbeda secara fiik. Adapun menurut standar yang telah ditetapkan oleh WHO sebagai Badan Kesehatan Dunia, bayi laki-laki yang telah berusia 3 bulan normalnya memiliki berat badan mulai 5,1 hingga  7,9 kg dan memiliki tinggi badan antara 57,6 sampai 65,3. Sedangkan untuk bayi perempuanberat bada yang dimiliki secara normal yakni 4,6 sampai 7,4 dengan tinggi badan sekitar 55,8 hingga 63,8 cm.

  1. Kemampuan bahasa yang dimiliki bayi usia 3 bulan

Di usia 3 bulan, tentunya anda akan lebih sering mendengar bayi mengoceh, oleh karena itu sering-seringlah mengajaknya berbicara. Meskipun masih berusia 3 bulan, anda juga bisa membacakan cerita untuk si kecil lho sebelum tidur. Hal ini akan sangat membantu bayi untuk mengembangkan kemampuan bahasanya meskipun bayi belum bisa memahami arti cerita tersebut.

  1. Kemampuan motorik bayi usia 3 bulan

Di usia ini bayi juga akan lebih aktif dalam menggerakkan anggota tubuhnya. Tangannya bahkan sudah bisa meraih mainan, dan kakinya semakin kuat ketika menendang. Anda pun dapat melatih perkembangan bayi 3 bulan  sendiri, seperti kemampuan motorik melalui koordinasi genggaman dengan mengulurkan mainan padanya lalu membiarkan sang bayi menyentuh, meraih dan menggenggam mainan tersebut.

  1. Bayi usia 3 bulan sudah kuat menahan kepala dan berguling

Pada usia 3 bulan, bayi anda sudah bisa mengangkat dada dan kepala ketika posisi tengkurap layaknya posisi sedang push up.  Selain itu bayi juga sudah mampu menegakkan kepalanya saat posisi didudukkan meskipun hanya dalam beberapa menit. Terkadang bayi usia ini juga sudah mulai bisa berguling sendiri, namun jika ternyata bayi anda belum bisa melakukannya, maka sebagai oorang tua anda tidak perlu khawatir. Setiap bayi memiliki tahap perkembangan yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya.

  1. Bayi usia 3 bulan mulai mengenali orang-orang terdekatnya

Bayi anda akan lebih sering menebar senyuman, terutama pada orang-orang yang sering ia temui. Si kecil juga akan mulai mengenali suara-suara orang-orang terdekatnya. Oleh karena itulah mengapa ketika anda mengajaknya berbicara, bayi biasanya akan memberikan respon seperti memberikan senyuman.

Karena setiap bayi memiliki perkembangan yang berbeda-beda, maka yang harus anda lakukan adalah selalu membantu si kecil dengan memberikan stimulus secara tepat. Teruslah memberikan nutrisi berupa asi untuk mendukung pertumbuhan bayi 3 bulan. Jika nutrisinya tercukupi, maka bayi akan tumbuh dengan sehat dan terhindar dari geja stunting