5 Makanan Khas Malaysia yang Sayang untuk Dilewatkan

Apakah kamu sering penasaran dengan rasa makanan khas Malaysia? Negara yang memiliki perpaduan etnis Melayu, India, dan China ini punya banyak kuliner yang unik. Mulai dari tampilannya yang tidak biasa, hingga bahan-bahan yang digunakan memasak pun jarang ditemui.

Penasaran? Berikut ini beberapa kuliner khas negeri Jiran yang bisa kamu coba!

1. Ayam Percik

Kalau kamu berkunjung ke Malaysia, jangan melewatkan kuliner yang satu ini. Ayam Percik khas Malaysia punya dua varian, yaitu Kelantan yang dipadukan dengan saus dari campuran santan dan rempah Malaysia serta ayam percik Trengganu yang ditambahi dengan bumbu cabai sehingga lebih pedas. Saat memanggang ada bumbu khusus yang dibalurkan ke permukaan ayam sehingga rasa rempah akan meresap dengan sempurna.

2. Palak Paneer

Makanan khas Malaysia yang satu ini umumnya berkuah dan berwarna hijau. Kuah hijau ini didapatkan dari warna bayam. Uniknya, cara memasak kuah ini ditambahkan keju kambing. Masyarakat biasanya menyantapnya dengan roti khas India seperti bhaturas atau chapatis. Meski dari segi tampilan kurang menarik, tapi setelah merasakannya dengan lidah sendiri, kamu akan ketagihan.

3. Nasi Kerabu

Tak hanya terkenal dengan nasi lemak, Malaysia juga punya kuliner nasi kerabu. Hal yang menarik wisatawan untuk mencoba makanan ini yaitu warna nasinya biru dihasilkan dengan cara direndam air bunga telang.

Lauk pendamping yang biasa digunakan untuk nasi kerabu yaitu ayam goreng, telur asin, ayam bakar, kerupuk, dan berbagai jenis sayur. Sayangnya, kuliner ini kini mulai sulit ditemukan dengan tampilan biru karena langkanya bunga telang. Sehingga biasanya hanya dijual dengan nasi putih biasa.

4. Char Kway Teow

Kalau di Indonesia, kuliner ini disebut kwetiau goreng. Perbedaannya pada isian yang jauh lebih banyak. Kamu bisa menemukan udang, taoge, lokio, kecap kedelai, bahkan kerang dalam masakan ini. Tak jarang juga makanan ini memadukan dengan daging babi, jadi jika kamu pantang dengan daging babi sebaiknya menanyakan hal ini dulu kepada penjual.

5. Kek Lapis Serawak

Jika kamu suka dessert atau makanan manis, kek lapis serawak patut dicoba. Kue lapis yang satu ini biasa disajikan untuk acara keagamaan seperti Natal, Deepvali atau Idul Fitri. Bahkan sebagian masyarakat Malaysia menggunakan kue ini untuk hadiah pernikahan atau ulang tahun.

Demikian ulasan tentang makanan khas Malaysia yang unik dan mungkin baru kamu tahu. Sesekali kamu bisa mencobanya agar tahu rasa makanan khas negara lain. Makanan mana yang kira-kira akan kamu coba terlebih dulu?