Sebelum lanjutkan artikel 4 Tata-cara Pelaksanaan Akikah Sesuai Ajaran Islam, Sekedar kami info:

Jika anda berminat mencari Jasa Aqiqah Terpercaya dan Profesional dengan harga murah kunjungi website Jasa Aqiqah Jabodetabek

Di saat seorang mengerjakan akikah untuk anaknya, karenanya ia butuh perhatikan tata teknik realisasi akikah sebagai halnya sudah diberikan oleh Nabi Saw. Masalah ini lantaran akikah punyai tata teknik tersendiri yang harus jadi perhatian supaya realisasi akikah itu baik dan prima sama sesuai bimbingan Nabi Saw.

Ada dua hadis Nabi Saw. yang mengatakan tata teknik realisasi akikah. Hadis pertama diriwayatkan Imam Ahmad dan Ashabus Sunan, adalah Imam Tirmidzi, Ibnu Majah, Abu Daud dan Nasa’i dari Samurah bin Jundub. Sedang hadis ke-2  diriwatkan Imam Ahmad dari Adhobi. Ke-2  hadis itu berikut ini.

كُلُّ غُلاَمٍ رَهِيْنَةٌ بِعَقِيْقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَ يُحْلَقُ وَ يُسَمَّى

“Tiap-tiap anak tergadaikan dengan akikahnya, disembelihkan hewan untuk dirinya di hari ke-7 , rambutnya dicukur dan selanjutnya dinamakan.”

عن عائشة انها قالت: السنة شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ عن الغلام وَعَنْ الْجَارِيَةِ شَاة تطبخ جدولا ولا يكسر لها عظم ويأكل ويطعم ويتصدق وذلك يوم السابع

“Diriwayatkan dari Sayidah Aisyah, ia bercakap; sunah dua ekor kambing yang serupa untuk anak laki laki, dan seekor kambing untuk anak wanita. Lantas diolah dengan tiap-tiap anggotanya dibagi, gak boleh dipatah-patahkan tulangnya, lantas dikonsumsi, dibagikannya dan disedekahkan.”

Dari ke-2  hadis di atas, bisa dimengerti jika tata teknik mengerjakan akikah sebagai halnya diberikan Nabi Saw. jadi berikut;

1. Menyembelih hewan akikah.

Saat sebelum menyembelih hewan akikah, direkomendasi untuk berdoa, membaca basmalah dan membaca takbir. Masalah ini sebagai halnya dikatakan dalam hadis histori Ibnu Abi Syaibah di bawah.

اللهم منك ولك عقيقة فلان بسم الله الله اكبر ثم يذ بحها

“Membaca doa ‘Allahumma minka wa laka, aqiqa..(jelaskan nama), lalu membaca basmalah dan Allahu Besar, lantas menyembelih hewan akikah.”

2. Cukur rambut bayi

Cukur rambut bayi ini dijalankan sehabis menyembelih hewan akikah. Direkomendasi cukur rambut hingga sampai habis, tapi cukur sejumlah pula diperkenankan.

3. Memberinya nama

Memberinya nama pada bayi direkomendasi untuk dikabarkan pada orang, terlebih sehabis mengerjakan akikah. Hadis di atas berikan info jika sehabis menyembelih hewan akikah dan cukur rambut, sesudah itu bayi itu dinamakan. Masalah ini sebagai halnya sudah dijelaskan oleh Syaikh Wahbah Azzuhaili dalam kitabnya Alfiqhul Islami Wa Adillatuhu jadi berikut;

ويستحب حلق رأس المولود في اليوم السابع من ولادته وان يسمى فيه بعد ذبح العقيقة

“Direkomendasi cukur rambut bayi di hari ke-7  kelahirannya, lantas dinamakan sehabis menyembelih hewan akikah.”

4. Memberikan daging hewan akikah.

Daging hewan akikah bisa dikonsumsi, lantas dibagikannya dan disedekahkan terhadap fakir miskin dan beberapa orang lebih kurang. Disunahkan untuk memberikan hewan kurban yang sudah diolah, bukannya dalam kondisi mentah. Masalah ini sebagai halnya dikatakan dalam hadis histori Imam Ahmad, dari Adhobi;

تطبخ جدولا ولا يكسر لها عظم ويأكل ويطعم ويتصدق وذلك يوم السابع

“Lantas daging hewan akikah itu diolah dengan tiap-tiap anggotanya dibagi, gak boleh dipatah-patahkan tulangnya, lantas dikonsumsi, dibagikannya dan disedekahkan.”

Info Lainnya kunjungi jasa layanan aqiqah terpercaya dan profesional

By nasya