Kayu merupakan bahan yang sangat berarti dalam pembuatan rumah. Sayangnya, bahan ini rentan terhadap rayap. Oleh sebab itu, menciptakan metode supaya kayu tidak dimakan rayap pula amat berarti supaya bahan ini dapat tahan lama ataupun awet.

Cara Agar Kayu Tidak Dimakan Rayap

Seleksi kayu bermutu yang tidak dapat dimakan rayap

Langkah awal yang dapat Kamu jalani merupakan memilah kayu dengan mutu terbaik. Yang sangat populer merupakan jati. Jati mempunyai ciri yang kokoh serta kuat. Pohonnya pula tahan terhadap serbuan hewan pemakan kayu.

Maksudnya, kualitasnya telah tidak diragukan lagi.

Bila masih belum lumayan fakta, coba amati sebagian perabot masa dulu sekali yang terdapat hingga saat ini. Cek di museum-museum ataupun tempat tua yang lain. Mayoritas mereka memakai jati, bukan?

Ini adalah serangkaian ciri kalau jati ialah kesukaan untuk seluruh orang yang mau furniturnya nyaman dari serbuan rayap.

Sayangnya, harga jati memanglah sangat besar. Sebagian orang bisa jadi dapat membelinya dengan gampang. Hendak namun, sebagian wajib menabung dahulu buat membeli bahan terbaik pembentuk furnitur ini.

Gunakan pelapis supaya kayu tidak dimakan rayap

Bila Kamu tidak dapat menciptakan ataupun membeli jati dalam waktu dekat, hingga solusinya merupakan memakai pelapis. Terdapat banyak produk termitisida serta insektisida yang dapat digunakan selaku repellent rayap.

Biasanya, bahan-bahan ini difungsikan dikala hendak membuat mebel, ialah dengan metode disemprotkan ataupun dibalurkan memakai kuas. Isi anti rayap apalagi telah terdapat dalam sebagian produk cat.

Maksudnya, Kamu dapat mengaplikasikan pelapis anti hewan pemakan kayu saat sebelum furniture terbuat (dari kayu yang masih mentah serta belum dibangun), setelah itu melapisinya lagi memakai cat yang memiliki repellent.

Dengan begini, proteksi pada furnitur yang telah jadi juga kian berlapis-lapis. Trik semacam ini kerap diucap dengan tata cara pra serta pasca konstruksi. Tujuannya merupakan buat menghindari datangnya rayap saat sebelum terbuat serta melindungi permukaan sehabis berakhir terbuat.

Mengawetkan kayu dengan solar ataupun metode tradisional lainnya

Orang jaman dahulu memakai solar selaku salah satu bahan buat mengawetkan bahan pembentuk furniture. Umumnya kayu hendak dilapisi solar serta dibiarkan sebagian hari saat sebelum kesimpulannya dibangun jadi suatu karya seni yang indah.

Metode tradisional yang lain merupakan dengan tata cara pengasapan. Jadi, kayu hendak diasapi dahulu di atas api (tetapi tidak hingga dibakar). Sehabis itu, bahan tersebut hendak dibiarkan dalam sebagian hari baru sehabis itu dibangun cocok dengan furnitur yang diperlukan.

Cara-cara natural ini tidak cuma hendak membuat kayu kokoh terhadap serbuan rayap, namun pula serangga ataupun hama lain semacam bubuk, serta yang yang lain. Hal ini dilakukan agar rumah kayu menjadi lebih terawat dari biasanya, untuk mendapatkan harga jual rumah kayu minimalis termurah bisa mengunjungi website www.rumahkayumanado.com.