• Sat. May 15th, 2021

3 Informasi Tentang Bali

Byansyah

Apr 17, 2021

Banyak hal yang perlu diketahui tentang keberadaan Bali, provinsi yang memiliki luas 5.636,66 km2 atau hanya 0,29% dari luas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Geografi Bali, Fakta tentang Bali yang umumnya diketahui masyarakat, sejarah kerajaan Bali kuno tentang informasi tentang Bali kuno, budaya dan tradisi serta keberadaan tempat wisata dan pulau-pulau kecil yang ada di Provinsi Bali.

Jika Anda ingin jalan-jalan di daerah Bali & sekitarnya, bisa sewa mobil di bali dengan harga terbaik pada tautan tersebut.

Ibukota provinsi Bali adalah Denpasar. Provinsi Bali sendiri terdiri dari beberapa pulau antara lain Pulau Bali, Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Ceningan, Serangan, Menjangan, Semenanjung dan Nusa Dharma. Kegiatan utama, pusat perdagangan, sekolah dan pemerintahan terletak di pulau Bali.

Secara geografis, letak Bali pada 8 ° 25’23? Lintang Selatan dan 115 ° 14’55? Panjangnya dari bujur timur sehingga beriklim tropis seperti daerah lain di Indonesia. Letak geografis pulau Bali diantara pulau Lombok dan Jawa. Panjang pulau Bali sekitar 153 km dan lebar 112 km.

Tentang pulau-pulau Bali lainnya, secara topografi di tengah pulau terdapat gugusan pegunungan dari Barat ke Timur bahkan terdapat dua gunung api aktif seperti Gunung Batur dan Gunung Agung, dan beberapa gunung lainnya diantaranya Gunung Merbuk, Patas dan Seraya.

Adanya pegunungan tersebut menjadikan pulau Bali secara geografis terbagi menjadi dua yaitu Bali Utara dengan dataran rendah yang sempit dan kurang landai dan Bali Selatan dengan dataran rendah yang luas dan landai, sehingga tidak heran jika kawasan Bali bagian selatan memiliki banyak pantai yang indah. tempat wisata utama di pulau Bali.

Informasi Menarik Tentang Bali

Pada halaman ini informasi tentang Bali akan dikemas terutama hal-hal menarik yang ingin diketahui wisatawan termasuk wisatawan yang akan berwisata ke pulau Bali, sehingga informasi tentang Bali dapat membantu anda, serta informasi:

1. Sejarah Kerajaan Bali Kuno

Sejarah keberadaan Bali dari jaman dahulu hingga sekarang, tentunya berkaitan dengan sejarah jaman dahulu kala, dimana di pulau Bali masih merupakan kerajaan yang diperintah oleh beberapa dinasti, Sejarah kerajaan Bali kuno dimulai dengan Dinasti Warmadewa, Catatan sejarah ini berdasarkan prasasti Blanjong yang ditemukan di Banjar Blanjong, Desa Sanur Kauh, Denpasar Selatan.

Kerajaan Bali kuno yang menguasai Bali antara lain Sri Kesari Warmadewa, Shri Ugrasena ‘, Shri Tabanendra Warmadewa, Jaya Singha Warmadewa, Shri Djanusandhu Warmadewa dan sampai masa pemerintahan Shri Jaya Pangus dan untuk periode selanjutnya berasal dari kerajaan Singasari dan kemudian dari Majapahit Kerajaan di antaranya adalah Sri Aji Kresna Kepakisan, Dalem Samprangan, Dalem Ketut dan Dalem Waturenggong.

2. Desa Bali Aga

Sejarah Bali juga terkait dengan keberadaan desa Bali Aga atau yang dikenal dengan desa Bali Mula, masyarakat desa Bali Aga mengaku sebagai penduduk asli pulau Bali, sedangkan masyarakat Bali pada umumnya adalah mereka yang datang selama dan setelah kerajaan Majapahit di Bali. Ia berasal dari pulau Jawa, apalagi ketika kerajaan Majapahit runtuh, bahkan banyak tokoh dari Majapahit maupun tokoh agama Hindu yang datang ke Bali.

Namun masyarakat Bali Aga sendiri tidak terpengaruh dengan budaya luar tersebut, bahkan hingga saat ini banyak budaya dan tradisi peninggalan Bali kuno dari nenek moyang Aga Bali masih terjaga dengan baik, desa aga Bali diantaranya desa Tenganan, desa Trunyan, desa Sidatapa, Cempaga Desa, Desa Tigawasa dan Desa Pedawa. Saat ini beberapa desa Aga Bali menjadi tempat wisata dan tujuan wisata di Bali.

3. Budaya Dan Tradisi Unik Bali

Tentang Bali selanjutnya adalah adanya budaya dan tradisi warisan budaya masa lampau, bahkan banyak tradisi kuno peninggalan leluhur yang masih dipegang hingga saat ini, budaya dan tradisi tersebut lebih karena terkait dengan kegiatan ritual keagamaan yang kini menjadi tradisi.

Unik dan menjadi daya tarik wisata, beberapa budaya dan tradisi unik ada di pulau Bali, diantaranya adalah tradisi Perang Pandan di desa Tenganan, pemakaman di desa Trunyan, Omed-omedan di Sesetan, tradisi Mekotek di Munggu, Gebug Ende sekaligus, Perang di Jasri, Mesbes Bangke di Gianyar dan lainnya.