Bagi Anda yang telah lama bekerja di dunia perindustrian pasti sudah tidak asing lagi dengan mesin bending. Fungsi utama dari mesin ini sendiri yaitu dengan cara menekuk atau membengkokan benda berupa logam.

Adanya bantuan tekukan dari piston pembentuk atau cetakan ini akan mendeformasikan atau memproses pembentukan logam secara plastis terhadap sumbu linier. Proses ini tidak akan menimbulkan perubahan luas permukaan benda kerjanya.

Apa Itu Bending?

Bending merupakan proses pembengkokan benda kerja dengan menggunakan mesin tertentu. Sebelum melakukan proses bending, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan salah satunya adalah material yang akan dikenakan proses kerjanya.

Ketebalan materialnya juga harus diperhatikan sebelum dimasukkan ke dalam kapasitas alat yang digunakan. Selain itu siapkan juga peralatan pendukungnya supaya bisa melakukan pekerjaan dengan baik dan benar.

Mesin Bending Plat

Bending plat adalah mesin yang berfungsi untuk menekuk plat yang dilakukan oleh alat bending manual atau bending otomatis seperti hydraulic pipe bender. Terdapat tiga jenis mesin bending plat yang sering digunakan.

1. Mesin Bending Plat Manual

Mesin ini menggunakan tenaga manusia yang dibantu dengan bandul pemberat untuk menjalankan fungsinya. Karena masih dilakukan secara manual, Anda tidak perlu biaya yang besar atau bahkan tidak sama sekali untuk memakai energi listrik.

2. Mesin Bending Plat Hidrolik

Sesuai dengan namanya, mesin bending ini menggunakan sistem hidrolik sebagai sumber tenaga penekuknya. Ketika pompa hidrolik ini digerakan, maka energi listrik yang digunakan juga cukup efisien.

3. Mesin Bending Plat Mekanikal

Untuk menjalankan fungsinya, mesin bending plat mekanikal ini menggunakan energi motor listrik. Selain itu juga dibantu dengan komponen seperti roda yang bekerja sebagai pemasok tenaganya.

Mesin Bending Pipa

Mesin dengan proses penekukan pipa yang dikerjakan oleh bending manual atau bending otomatis (hydraulic pipe bender).

Itulah 2 jenis mesin bending yang perlu Anda ketahui. Sekarang telah banyak perusahaan yang jual mesin bending di Indonesia, jadi sebelumnya Anda harus tahu jenisnya terlebih dahulu. Salah satu perusahaan yang jual mesin bending tersebut adalah Widya Mesindo Raya.