10 Manfaat Pisang Ambon

Halo sobat dimanapun berada kali ini kita akan membahas “pisang ambon”. Memang sih kalau bahas buah pisang itu pasti gak ada habisnya. Karena kandungan yang terdapat pada buah pisang sudah tidak bisa diragukan lagi, Baik itu untuk kesehatan maupun juga untuk kecantikan. 

 

Sobat dirumah pada tahu gak nih, kalau kandungan pada buah pisang sempat mendapat gelar “makanan super” pertama yang disahkan oleh American Medical Association, keren banget gak sih. Nah gelar tersebut diberikan pada awal abad ke-20 yakni sebagai makanan kesehatan untuk anak-anak dan pengobatan penyakit celiac atau autoimun.

 

Buah pisang juga termasuk dalam tanaman pangan paling penting di negeri kita ini sob. Buah yang berasal dari keluarga tumbuhan bernama Musa (Musaceae) dari Asia Tenggara ini, Memiliki banyak kandungan loh. seperti misalnya, sumber serat, potasium, vitamin B6, vitamin C, dan berbagai macam antioksidan dan fitonutrien yang sehat.

 

Jika sedikitnya sobat sudah tahu apa saja kandungan didalamnya, mari kita jabarkan apa saja khasiat dan manfaat dari pisang ambon ini.

 

10 Manfaat Pisang Ambon

 

  1. Kaya akan Kandungan yang bermanfaat

Dilansir dari US Department of Agriculture (USDA) dan Harvard.edu, Kandungan buah pisang dalam satu porsi atau sekitar (100 gram), terdiri dari ;

  • Kalori: 89-110
  • Air: 75 persen
  • Protein: 1,1 gram
  • Karbohidrat: 22,8 gram
  • Gula: 12,2-15 gram
  • Serat: 2,6-3 gram
  • Lemak: 0,3 gram
  • Kalium: 450 milligram

 

  1. Baik untuk perkembangan fungsi otak

Pisang ambon diperkaya akan vitamin B6 (piridoksin). Dengan memakan satu buah pisang ambon yang berukuran sedang, maka mampu mencukupi 33% dari total kebutuhan harian akan vitamin B6 yang dianjurkan. Piridoksin sendiri merupakan vitamin B kompleks yang cukup berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung, sistem pencernaan dan kekebalan tubuh. Dan Selain itu, vitamin ini juga dibutuhkan untuk perkembangan fungsi otak dan bekerja bersama-sama dengan hormon norepinefrin dan serotonin dalam mempengaruhi mood atau suasana hati.

 

  1. Baik bagi kesehatan jantung

Pisang ambon diperkaya berbagai mineral yang bisa membantu kesehatan jantung. Ditambah dengan adanya kandungan omega 3, fitosterol, dan juta lutein yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh yang semakin menjadikan pisang ambon ini baik bagi kesehatan jantung.

 

  1. Membantu melindungi Tubuh dari Racun yang berbahaya

Aktivitas antioksidan pada katekin yang terkandung dalam pisang ambon juga mampu menggelontorkan zat-zat beracun beserta logam yang berbahaya dari dalam tubuh seperti kadmium, krom, dan juga merkuri.

 

  1. Baik untuk sistem pencernaan

 

  1. Memberikan sumber energi

Kandungan antioksidan pada pisang ambon mampu memulihkan energi yang terkuras selepas beraktifitas/berolahraga dan melindungi tubuh dari kram otot.

 

  1. Membantu mencegah batu ginjal

Pisang ambon yang kaya akan potasium ini sangat berkhasiat dan bermanfaat untuk mencegah terjadinya batu ginjal.

 

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Pisang ambon memiliki kandungan kadar air yang tinggi, dan hampir 75% kandungan didalamnya terdiri atas air. Kandungan air yang tinggi ini mampu membantu menghidrasi dan meremajakan kulit serta mampu melindungi kulit dari kekeringan. 

 

  1. Membantu menurunkan Tekanan Darah

Pisang ambon mengandung kalium, dan kalium ini berfungsi untuk mengatur saraf perifer dan sentral. Serta bertindak sebagai elektrolit dalam tubuh yang secara langsung mempengaruhi tekanan pada darah. Rutin mengongsumsi pisang ambon juga bisa menjadi sebuah terapi untuk menurunkan tekanan darah.

 

  1. Bisa menjadi obat maag alami

Pisang mengandung senyawa kimia yang disebut dengan nama “sitoindosides”. Senyawa ini mempromosikan sekresi lendir pada saluran pencernaan yang bertindak sebagai lapisan pelindung yang berguna untuk mencegah asam untuk merusak lapisan mukosa lambung.

 

Sekadar informasi tambahan, kalau sobat di rumah bingung belanja buah dimana “apalagi dimasa pandemi seperti ini”. sobat di rumah bisa nih buka playstore dan instal aplikasi TaniHub. 

Pada aplikasi TaniHub, sobat bisa dengan mudah mencari dan menemukan aneka macam buah segar yang sangat menyehatkan. Jadi gak usah ribet belanja buah dimana kan ? 

 

Oke jadi seperti itu ya,,, cukup sekian dulu info dari 10 manfaat pisang Ambon. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share postingan ini ke teman-teman kamu ya !!! thank you 🙂